SIFAT OPTIMISTIK PELAJAR

Sebagai penganut Agama Islam,Allah dan Rasul-Nya menyuruh agar kita memiliki sifat optimistik .Optimistik  termasuk akhlak terpuji.Orang yang memiliki sifat optimistik selalu bersemangat dalam hidupnya. Ia juga rajin belajar dan bekerja untuk meraih sukses dalam mencapai cita-cita.
Ada tiga macam sifat optimistik iaitu:
  1. dalam belajar
  2. dalam bekerja
  3. dalam beribadah     
1. Dalam belajar

     Apabila kita seorang pelajar, maka kita harus selalu optimistik dalam belajar. Rajin dan bersungguh-sungguh dalam belajar dan berdoa,maka hasil ulangannya akan baik.

2. Dalam bekerja

     Dalam surat Ar-Ra'd ayat 11 disebutkan:  "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sehingga kaum itu mengubah nasibnya sendiri"
Berdasarkan ayat tersebut dapat disimpulkan bahwa kita harus bekerja dengan sungguh-sungguh jika ingin ada perubahan kehidupan yang lebih baik pada diri kita. Kita harus optimistik dengan hasil yang akan kita peroleh dari pekerjaan kita.

3. Dalam beribadah

Ketika kita melakukan ibadah sholat atau ibadah puasa,maka kita harus optimis bahwa ibadah kita akan diterima Allah SWT. Oleh karena itu,dalam melaksanakan ibadah hendaknya kita kerjakan dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan Allah dan Rasul-Nya. Jika kita beramal dengan memberikan sedekah kepada fakir miskin,maka kita harus optimistik bahwa wang yang kita sedekahkan itu dapat memberikan manfa'at bagi fakir miskin tersebut.

No comments:

Post a Comment